SK DIKTI NO 43/DIKTIKep/2006
· Rambu-rambu Pelaksanaan Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi
· Pendidikan Agama
· Pendidikan kewarganegaraan
· Substansi kajian untuk Bahasa Indonesia
SK Mendiknas RI No 045/U/2002
· Pasal 2 ayat 2: Elemen-elemen kompetensi terdiri atas
· Landasan kepribadian
· Penguasaan ilmu dan keterampilan
· Kemampuan berkarya
· Sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat
· Keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai
· Pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya
Dasar pendidikan Pengembangan Kepribadian
· Liberal Arts
· Studies in a college or university intended to provide general knowledge and develop intellectual capacities.
· 4 Pillars of Education
· Learning to know
· Learning to do
· Learning to live together
· Learning to be
Rancangan Pendidikan Pengembangan Kepribadian
· Liberal Arts-like UI=PPK
Melalui PPK mahasiswa berlatih dan mengembangkan :
· Kecakapan belajar (learning skills)
· Berpikir (thinking skills)
· Menyelesaikan masalah (problem solving skills)
· Bekerja sama dalam berkelompok (teamwork skills)
· Komunikasi (communication skills)
· Teknologi informasi (IT and search skills)
Sasaran Kompetensi
· Memiliki kemampuan dalam berpikir secara kritis dan kreatif
· Memiliki keingintahuan intelektual
· Memiliki terampilan dalam memecahkan masalah
· Memiliki kemampuan bekerja dalam kelompok dan berkomunikasi secara efektif
· Memiliki integritas dan kesadaran, serta bersikap sesuai etika profesi
· Memiliki kepedulian terhadap masalah yang terjadi di dalam masyarakat, bangsa dan Negara dilandasi takwa, budi pekerti dan etika
· Memiliki keterampilan dalam menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris baik dalam kegiatan akademis maupun non akademis
· Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, menilai dan mengolah informasi
· Memiliki kemampuan dalam menikmati serta mengembangkan minat dalam seni/olah raga
Tahap Implementasi Rancangan PPK
· Implementasi uji coba diadakan bertahap (3 kali pengujian)
· 2002 Pertama kali dicobakan; di 3 fakultas
· Psikologi, Ilmu Komputer, Ilmu Keperawatan
· 2003 Dilaksanakan di 6 fakultas
· Psikologi, Ilmu Komputer, Ilmu Keperawatan, Kedokteran Gigi, Hukum dan Teknik Sipil
· 2004 Diadakan orientasi belajar Mahasiswa (OBM)
· Berisi basic learning skills sepanjang PPK;
· Diadakan 10 hari sebelum kuliah berjalan
· 2005 hingga sekarang implementasi penuh di semua fakultas di UI
Sasaran Pembelajaran MPK Terintegrasi
· Mampu menganalisis topic serta pemicu dengan menggunakan kerangka teori pada pokok bahasan Logika, Filsafat Ilmu dan Pancasila, berlatar belakang akhlak dan budi pekerti, masyarakat, bangsa, budaya, dan lingkungan hidup di Indonesia.
· Mampu menjabarkan nilai-nilai akademik dan nilai-nilai yang dianut bangsa Indonesia dari berbagai kemajemukan persepsi Manusia dan budaya.
· Mampu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat dengan menerapkan langkah-langkah belajar secara aktif, dan mampu menggunakan teknologi informasi.
· Mampu menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam diskusi, presentasi, maupun dalam bentuk tulisan ilmiah.
Konten MPK Terintegrasi
· Logika, Filsafat Ilmu, dan Pancasila
· Filsafat
· Logika
· Etika
· Ideology
· Pancasila dan perspektif keilmuan
· UUD 1945
· Manusia. Akhlak, Budi Pekerti dan Masyarakat
· Manusia sebagai makhluk individual, sosial dan budaya
· Akhlak dan budi pekerti
· Nilai-nilai akhlak dan budi pekerti
· Fungsi akhlak dan budi pekerti
· Penerapan akhlak dan budi pekerti
· Norma sosial dan hokum
· Masyarakat dan multikulturalisme
· Bangsa
· Kewarganegaraan Indonesia
· Negara hokum dan konstitusi
· Negara dan system politik
· Wilayah sebagai ruang hidup
· Sumber daya alam dan lingkungan
· Keanekaragaman hayati dan konservasi
Konten MPK Bahasa Indonesia
· Laras Ilmiah dan ragam bahasa
· Topik dan tesis
· Penyajian Lisan
· Kerangka tulisan
· Paragraph
· Pengembangan paragraph
· Ringkasan, Ikhtisar, Abstrak
· Membaca kritis
· Sintesis
· Kutipan dan sistem rujukan
· Format makalah ilmiah
Konten MPK Agama
· Makna dan definisi agama
· Makna dan definisi agama yang berlaku dalam wacana keilmuan dan teologi.
· Makna dan definisi agama dalam tradisi filsafat dan antropologi.
· Sejarah dan asal usul agama
· Kajian historis-sosiologis, sejak kapan
· Proses sebuah agama muncul dalam sejarah
· Kajian dimensi-dimensi pokok agama
· Dimensi Ketuhanan
· Dimensi Keselamatan
· Dimensi Etika Sosial
· Dimensi Sosial Keagamaan
· Potensi apa yang bisa disumbangkan oleh agama dan para pemeluknya dalam rangka memajukan bangsa dan masyarakat.
· Agama dan Negara
· Hubungan antara agama dan Negara atau agama dan politik.
· Hubungan antar agama
· Pada level nasional maupun internasional, wacana, diskusi, penelitian dan seminar mengenai hubungan antar agama semakin banyak.
· Aspek ajaran yang bisa menjembatani perbedaan dan konflik antar pemeluk agama tanpa mengorbankan prinsip iman yang dianutnya.
Konten MPK Bahasa Inggris
· Language Learning Skills
· Reading
· Structure
· Writing
· Speaking
· Listening
· Extensive reading
Konten MPK Seni
· Nilai-nilai :
· Kreativitas
· Komunikasi
· Manajemen diri (emosi)
· Apresiasi estetika (alam, budaya, sejarah)
· Melalui cabang-cabang seni rupa dan seni pertunjukan :
· Seni lukis, Seni kaligrafi, Seni Fotografi, Seni Komik, Seni Batik, Seni Wayang, Seni Film, Seni Teater, Seni Karawitan Jawa, Seni Karawitan dan Tari Bali.
Konten MPK Olahraga
· Nilai-nilai :
· Sportivitas
· Kerja kelompok
· Tekun
· Tidak putus asa
· Semangat menjadi juara
· Melalui cabang-cabang olahraga
· Bulutangkis, sepak bola, bola voli, bola basket, tenis, tenis meja, futsal, softball
Kesinambungan
· Diawal, mahasiswa baru mendapatkan pendidikan pengembangan kepribadian terintegrasi ‘soft skills’
· Ditengah, mahasiswa kuliah deprogram studi masing-masing
· Di akhir, mahasiswa mengikuti kuliah kerja nyata (K2N) di pulau-pulau terluar /terpencil untuk menerapkan ilmu dan kemampuan ‘soft skills’
Hasil Evaluasi
· Mahasiswa yang mendapatkan pendidikan pengembangan kepribadian terintegrasi :
· Lebih aktif
· Lebih mandiri
· Lebih mampu mencari solusi
· Lebih kooperatif
· Lebih berprestasi
· (jumlah lulusan yang mendapatkan predikat cum laude cenderung meningkat dari tahun ke tahun)
http://www.google.co.id/#sclient=psy&hl=id&source=hp&q=model+pendidikan+dan+pengembangan+kepribadian&aq=f&aqi=&aql=&oq=&pbx=1&fp=3585fa387081a845&biw=1608&bih=754
http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=3&ved=0CCMQFjAC&url=http%3A%2F%2Fpendikar.dikti.go.id%2Fgdp%2Fwp-content%2Fuploads%2FLayOut-Final.pdf&rct=j&q=model%20pendidikan%20dan%20pengembangan%20kepribadian&ei=vKj0TcLwE4TLrQelh7C_Bg&usg=AFQjCNGdlfRGu9gwykfDJ6kb6WQNmi6Yrg&sig2=_CAmU1Iv7LMbA11oMfd6Pw&cad=rja
SUMBER
Ringkasan dari SEMINAR INTERNASIONAL :http://www.google.co.id/#sclient=psy&hl=id&source=hp&q=model+pendidikan+dan+pengembangan+kepribadian&aq=f&aqi=&aql=&oq=&pbx=1&fp=3585fa387081a845&biw=1608&bih=754
http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=3&ved=0CCMQFjAC&url=http%3A%2F%2Fpendikar.dikti.go.id%2Fgdp%2Fwp-content%2Fuploads%2FLayOut-Final.pdf&rct=j&q=model%20pendidikan%20dan%20pengembangan%20kepribadian&ei=vKj0TcLwE4TLrQelh7C_Bg&usg=AFQjCNGdlfRGu9gwykfDJ6kb6WQNmi6Yrg&sig2=_CAmU1Iv7LMbA11oMfd6Pw&cad=rja
0 komentar:
Posting Komentar